Marketing Management
DOI: 10.21070/ijler.v18i3.944

The Impact Of Tiket.Com Website Quality And E-Trust On Concert Ticket Purchasing Decision


Pengaruh Kualitas Website Tiket.Com Dan E-Trust Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Konser

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PGRI Dewantara Jombang
Indonesia
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PGRI Dewantara Jombang
Indonesia

(*) Corresponding Author

Website Quality E-trust Purchase Decision Concert Tickets EXO Fans

Abstract

This quantitative research aims to investigate the influence of Website Quality and E-Trust on the purchasing decisions of concert tickets among EXO fans using Tiket.com services. Employing a descriptive research method, data was collected from 100 respondents through purposive sampling and analyzed using SPSS. The study revealed that both Website Quality and E-Trust significantly affect the concert ticket purchase decisions of EXO fans. These findings contribute to the understanding of online consumer behavior and hold implications for ticket reservation services, emphasizing the importance of attractive, easily accessible websites and robust online trust mechanisms to foster positive purchase decisions.

Highlights:
  • Significance of Website Quality: The study examines the impact of website quality on purchase decisions, emphasizing the need for an attractive and user-friendly online platform to enhance customer engagement and conversion rates.

  • Crucial Role of E-Trust: The research highlights the pivotal role of online trust in influencing consumers' decisions to purchase concert tickets online, underlining the importance of establishing secure and reliable platforms.

  • Insights into EXO Fans' Behavior: The study provides valuable insights into the behavior of EXO fans as they engage with ticket reservation services, aiding businesses in catering to the preferences of this specific target audience.

Keywords: Website Quality, E-Trust, Purchase Decision, Concert Tickets, EXO Fans

PENDAHULUAN

Perkembangan teknologi informasi beberapa tahun terakhir mengalami perubahan yang cukup signifikan, salah satunya adalah digitalisasi yang mempermudahkan kehidupan manusia terutama dalam dunia bisnis. Percepatan penggunaan internet masa kini sangat mempengaruhi pola pembelian masyarakat. Kegiatan berbelanja dari offline berpindah menjadi online, layanan reservasi tiket juga mengalami perubahan secara online atau yang disebut dengan elektronik ticketing. Penjual dan pembeli dipermudahkan dengan tidak datang langsung ke tempat acara dan melakukan pembelian tiket secara mendadak [1].

Bagi sebagian konsumen perpindahan berbelanja offline ke online lebih menghemat waktu dan tenaga tetapi bagi sebagian konsumen hal ini menjadi kekhawatiran bagi mereka. Ketatnya persaingan di industri Online Travel Agent (OTA), membuat perusahaan terus melakukan inovasi secara bertahap dengan menambahkan jasa layanan yang memiliki ciri khas yang tidak dimiliki perusahaan lain dan dapat menarik konsumen untuk memutuskan suatu pembelian [2]. Dalam membuat konsumen memutuskan untuk membeli produk yang ditawarkan maka dibutuhkan website yang berkualitas. Website yang berkualitas merupakan salah satu faktor yang berperan penting dalam mempermudah konsumen untuk mencari informasi menyeluruh terkait produk atau jasa kepada konsumen ketika berbelanja online dan selangkah lebih dekat dengan keputusan pembelian [3].

Membangun kepercayaan konsumen dalam berbelanja online bukan tindakan yang mudah. Berbelanja online dengan barang yang tidak bisa dilihat dan dipegang secara langsung seperti tiket konser membuat konsumen sedikit ragu ketika akan memutuskan pembelian. Interaksi yang konsisten antara perusahaan penyedia produk dengan konsumen bisa menjadi sebuah dasar untuk membuat konsumen percaya kepada perusahaan [4]. Konsumen akan menaruh lebih banyak lagi kepercayaan jika ada masukan konsumen online lain untuk membuat keputusan pembelian. Peran e-trust terhadap keputusan pembelian dapat mempengaruhi dorongan di dalam diri konsumen membantu untuk melakukan keputusan pembelian [5].

Penelitian ini mengangkat apakah terdapat pengaruh antara kualitas website dan e-trust terhadap keputusan pembelian tiket konser. Penelitian ini merupakan modifikasi dari penelitian sebelumnya. Penelitian ini merupakan modifikasi dari dua penelitian terdahulu. Penelitian pertama menunjukkan bahwa kualitas website berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Penelitian dilakukan di Purwokerto dengan melibatkan orang yang telah melakukan pembelian online. Hasil dari penelitian tersebut adalah bahwa terdapat pengaruh kualitas website terhadap keputusan pembelian online [6]. Penelitian kedua menunjukkan bahwa e-trust berpengaruh terhadap keputusan pembelian online. Penelitian dilakukan dengan pelanggan shopee yang telah melakukan pembelian secara online. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa E-trust berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian online [7].

Berdasarkan penelitian terdahulu, maka dapat ditemukan bahwa Gap penelitian ini dari penelitian sebelumnya adalah objek penelitian. Penelitian ini mengambil objek konsumen Online Travel Agent yaitu Tiket.com, sedangkan penelitian sebelumnya mengambil objek dengan latar belakang konsumen shopee. Berdasarkan latar belakang masalah diatas, penelitian ini bermaksud untuk meneliti tentang “Pengaruh Kualitas Website Tiket.Com Dan E-Trust Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Konser (Studi Pada Penggemar Exo Di Surabaya)”. Secara spesifik penelitian ini diajukan untuk tujuan sebagai berikut:

1)Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara Kualitas Website terhadap keputusan pembelian tiket konser pada Tiket.com di Surabaya.

2)Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara E-trust terhadap keputusan pembelian tiket konser pada Tiket.com di Surabaya.

METODE

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan metode penelitian deskriptif. Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori survey lapangan, yaitu dengan menyebarkan kuesioner secara online.

Definsi operasional

Kualitas website

Kualitas website adalah mencakup kemudahan untuk digunakan, desain yang menarik, pengalaman yang positif, dan memiliki reputasi yang baik, keamanan dalam bertransaksi, rasa aman dan percaya dalam memberikan informasi pribadi, menepati janji yang disampaikan, dan rasa komunitas [8].

E-trust

E-trust adalah bentuk kesediaan konsumen untuk terlibat transaksi online dalam mendapatkan sesuatu yang diinginkan [9].

Keputusan pembelian

Kondisi konsumen yang telah memiliki pilihan setelah tahap mengevaluasi dan memilah dari berbagai persepsi dan menetapkan keputusan untuk melakukan pembelian terhadap suatu produk atau jasa [10].

Populasi dan sampel

Populasi dalam penelitian ini yaitu penggemar boyband EXO yang pernah membeli tiket konser menggunakan website Tiket.com dengan jumlah yang tidak diketahui secara pasti. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden yaitu penggemar boyband EXO yang pernah membeli tiket konser menggunakan website Tiket.com.

Teknik sampel

Teknik sampling yang digunakan adalah Teknik purposive sampling, dimana hanya konsumen yang pernah membeli tiket konser di situs Tiket.com.

Teknik Analisa Data

Metode analisa data penelitian ini menggunakan analisa deskriptif dengan uji validitas dan realibilitas, uji koefisiensi, dan uji t. proses ini dibantu dengan program SPSS.

Uji Validitas

Uji validitas dalam penelitian Kuesioner dianggap valid jika kuesioner dapat menggambarkan sesuatu yang akan diukur.

Uji Reliabilitas

Salah satu cara untuk mengukur keandalah suatu kuesioner. Kuesioner dapat dikatakan reliabel apabila pernyataan responden stabil dan tidak berubah dari satu waktu ke waktu lainnya.

Uji Koefisiensi Determinasi (R square)

Pengujian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi variabel independen yang mampu menjelaskan variabel dependen. Nilai koefisien determinasi antara 0 dan 1.

Uji Parsial (Uji T)

Pengujian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial antara variabel independen dan dependen dengan membandingkan t hitung dengan t tabel, jika nilai t hitung lebih dari t tabel maka terdapat pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen dan jika t hitung kurang dari t tabel maka tidak terdapat pengaruh variabel X terhadap Variabel Y. Selain itu terdapat cara lain yaitu dengan menggunakan uji signifikan. Jika nilai signifikan lebih dari 0,05 maka H₀ diterima dan Ha ditolak. Artinya tidak ada pengaruh antara variabel independen terhadap variaben dependen dan begitupun sebaliknya [11].

HASIL DAN PEMBAHASAN

A.HASIL

Data umum responden yang telah didapatkan menyatakan sebanyak 100 responden telah berpartisipasi dalam penelitian ini. Sebanyak 71 responden berdomisili di Surabaya dan 29 di kota lainnya dan yang menjadi penggemar EXO sebanyak 91 responden. Masa penggunaan situs website Tiket.com sangat beragam, sejumlah 54 responden menggunakan website tiket.com selama 1 -2 tahun, 27 responden menggunakan website tiket.com selama 3 – 4 tahun dan 19 responden lainnya menggunakan lebih dari 5 tahun. Selama menggunakan website responden yang pernah membeli tiket konser di website tiket.com sebanyak 90 responden 10 sisanya tidak pernah membeli tiket konser.

Domisili Jumlah Presentase %
Surabaya 71 71%
Kota lainnya (masih di provinsi Jawa timur) 29 29%
Penggemar EXO
Iya 91 91%
Tidak 9 9%
Masa Pengguna Tiket.com
1-2 tahun 54 54%
3-4 tahun 27 27%
> 5 tahun 19 19%
Pembelian Tiket Konser
Iya 90 90%
Tidak 10 10%
Table 1.Karakteristik Responden

Uji Validitas

Hasil pengujian menunjukkan bahwa seluruh pertanyaan dari X1, X2, dan Y valid karena r tabel > r hitung yaitu untuk 100 sampel adalah 0,195 dengan toleransi kesalahan 0,05.

Variabel r hitung Keterangan
Kualitas Website (X1)
1 0,702 valid
2 0,748 valid
3 0,779 valid
4 0,623 valid
5 0,679 valid
6 0,671 valid
E-trust (X2)
1 0,780 Valid
2 0,728 Valid
3 0,780 Valid
4 0,700 Valid
5 0,619 Valid
Keputusan Pembelian (Y)
1 0,594 Valid
2 0,608 Valid
3 0,677 Valid
4 0,592 Valid
5 0,401 Valid
6 0,749 Valid
7 0,670 Valid
Table 2.Uji Validitas

Uji Reliabilitas

Variabel Alpha Cronbach Item Keterangan
Kualitas Website (X1) 0,787 6 Reliabel
E-trust 0,772 5 Reliabel
Keputusan Pembelian 0,724 7 Reliabel
Table 3.Uji Reliabilitas

Hasil pengujian menunjukkan bahwa semua reliabilitas variabel Kualitas Website, E-trust, dan keputusan Pembelian lebih besar dari Cronbach Alpha yaitu 0,7. Maka dapat disimpulkan varibel dalam penelitian ini reliable.

Uji Koefisiensi determinasi

Model Summary
Model R R Square Adjusted R Square Std. Error of the Estimate
1 .688a .474 .463 2.327
a. Predictors: (Constant), Etrust, Kw
Table 4.Uji R Square

Dapat dilihat pada tabel diatas bahwa R square adalah 0,474 yang menunjukkan kemampuan variabel kualitas website dan e-trust (independen) dalam menjelaskan variabel keputusan pembelian (dependen) yaitu sebesar 47,4 % sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam model.

Uji Parsial ((Uji T)

Coefficients a
Model Unstandardized Coefficients Standardized Coefficients T Sig.
B Std. Error Beta
1 (Constant) 11.872 2.051 5.788 .000
Kw .240 .086 .251 2.776 .007
Etrust .601 .106 .511 5.651 .000
a. Dependent Variable: Kp
Table 5.Uji t

Pada tabel hasil pengujian untuk pengaruh Kualitas Website terhadap Keputusan Pembelian adalah sebesar 0,007 < 0,05 dan nilai t hitung 2,776 > 1,984, dapat disimpulkan bahwa H1 diterima yang berarti ada pengaruh Kualitas Website terhadap Keputusan Pembelian. Pada variabel E-trust terhadap Keputusan Pembelian adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 5,651 > 1,984, dapat disimpulkan bahwa H1 diterima yang berarti ada pengaruh E-trust terhadap Keputusan Pembelian.

B.PEMBAHASAN

-Pengaruh Kualitas Website terhadap Keputusan Pembelian

Dari hasil analisis hipotesis diatas, hasil uji t variabel Kualitas Website dengan Keputusan Pembelian berpengaruh secara parsial. Hal ini mendukung pernyataan bahwa semakin baik tampilan website dan memudahkan konsumen dalam memberikan informasi terkait produk akan semakin menarik konsumen untuk melakukan pembelian [12].

-Pengaruh E-trust terhadap Keputusan Pembelian

Dari hasil hipotesis diatas, hasil uji t variabel E-trust dengan keputusan pembelian berpengaruh secara parsial. Hal ini mendukung pernyataan bahwa tingkat kepercayaan online atau E-trust dapat menciptakan hubungan yang baik antara perusahaan penyedia produk kepada konsumen [13].

SIMPULAN

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ketika berbelanja online konsumen cenderung melihat tampilan informasi dari website. Website yang memberikan informasi dengan jelas dan mempermudah konsumen ketika bertransaksi akan mempengaruhi keputusan pembelian. Seperti data yang di dapat bahwa variabel yaitu kualitas website berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Begitu tertarik dengan suatu produk konsumen tidak langsung memutuskan pembelian tetapi melihat interaksi antara perusahaan dengan konsumen lain, hal ini menjadi dasar kepercayaan konsumen kepada perusahaan. Data yang diatas membuktikan bahwa E-trust atau kepercayaan online berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian.

References

  1. N. D. Pratama and H. Siagian, "Analisa Pengaruh E-Servicescape Dan Website Quality Terhadap Purchase Intention Melalui Trust Sebagai Variabel Mediasi Pada Pengguna E-Commerce Tokopedia," Agora, vol. 10, no. 1, pp. 202-216, 2022.
  2. W. Wahyudi, "Pengembangan Aplikasi Sistem E-Ticketing Konser Musik Dengan Seating Number," JIKA (Jurnal Inform., vol. 4, no. 1, pp. 22-28, 2020, doi: 10.31000/jika.v4i1.2361).
  3. A. B. Okado, Y. Bashan, and Sakurai, "Analisis Struktur Co-dispersion of Health Sense of the Subject menjadi Center pada Warga Sekolah Menengah Atas tentang Health Correlation Index," Integrated Urban Research, vol. 81, pp. 19-30, 2003.
  4. D. Ryan and C. Jones, "Understanding digital marketing: marketing strategies for engaging the digital generation," Marketing Review, vol. 46, no. 10, 2009, doi: 10.5860/choice.46-5706.
  5. T. Hilton, "Services marketing," 2016, doi: 10.4324/9781315890005.
  6. A. F. T. S. M. Alghifari and Rahayu, "Pengaruh Diskon, Kualitas Website, Persepsi Risiko Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Shopee: Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto," Jurnal Derivatif, vol. 15, no. 2, pp. 223-236, 2021.
  7. R. L. Y. Hongjoyo and M. Mangantar, "Analysis of E-Trust, Perceived Risk, and Information Quality Influences Toward Customer Purchasing Decisions of Shopee," Arie 548 J. EMBA, vol. 10, no. 1, pp. 548-556, 2020.
  8. Y. Megawati, "Pengaruh Kualitas Website Terhadap Keputusan Pembelian Layanan Pemesanan Kamar Hotel Pada Situs Traveloka," J. FAME J. Food Beverage, Prod. Serv. Accommodation Ind. Entertain. Serv., vol. 1, no. 2, 2019, doi: 10.30813/fame.v1i2.1426.
  9. S. P. Robbins, "Perilaku Organisasi. Organizational Behavior," 12th ed. Jakarta: Salemba Empat, 2018.
  10. P. Kotler, K. L. Kevin, "Marketing Management," 15th ed. Pearson Pretice Hall, 2016.
  11. I. Ghozali, "Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23," pp. 154, 2016.
  12. B. M. Ardhi and T. I. Wijaksana, "The Impact of Website Quality on Trust and Purchase Decision (Study on The User of Bukalapak Website in 2019)," Jurnal Riset Teknologi dan Informatika, vol. 7, no. 1, pp. 1413-1421, 2020.
  13. D. Delfian and A. Yusuf, "The Effect of Ease of Use and E-Trust on User Purchase Decisions," Jurnal Almana Manajemen dan Bisnis, vol. 6, no. 1, pp. 20-32, 2022, doi: 10.36555/almana.v6i1.1693.