Financial Accounting
DOI: 10.21070/ijler.v2i2.86

Analysis of the Application of Accounting Information Systems for Cash Sales and Cash Receipts in the Company


Analisis Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Tunai dan Penerimaan Kas pada Perusahaan

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Indonesia
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Indonesia

(*) Corresponding Author

accounting information system cash sales cash receipt

Abstract

The research belongs to the type of qualitative research, involving 3 informants as the main data source which is the leader and the staff at the CV. Sumber Abadi DeterSystem and cash receipts an the continuity of the performance process in the company CV. Sumber Abadi Determination of informant was chosen according to the relationship with the title of the researcher by making observation first in all the scope of the leadership and company staff CV. Sumber Abadi. The analysis tools used are data collection, data reduction, data display, and conclusion by paying attention to the data validity test equipment which includes credibility test, transferability test, dependability test, and confirmability test. The results of this study indicate the development of concept and theories that already exist in the accounting aspects of loading; 1) the existence of functions related to accounting information system for cash sales and cash receipt at CV. Sumber Abadi, cash receipt staff, the function of gunang employes, the accounting, function. 2) there are documents that are used such as order and sales note. 3) reports used are sales recap, card stock, credit card, proof of deposit and HPP recap. 4) the notes used are sales record and petty cash book records. And with the control starting from the elements of the organization authorization system, elements of healthy, practices up to the process of the system running

Pendahuluan

Pada era globalisasi dunia usaha Sejalan dengan tingginya tingkat persaingan, perkembangan perekonomian dan kemajuan teknologi maka, peranan informasi menjadi sangat penting demi kemajuan perusahaan Perusahaan yang pendapatan utamanya berasal dari penjualan barang dagangan maka antara fungsi penjualan dan fungsi akuntansi harus tercipta suatu hubungan yang saling mendukung untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan Agar seluruh penjualan dan penerimaan kas dapat dicatat secara wajar maka diperlukan system informasi akuntansi penjualan baik penjualan tunai maupun penerimaan kas. menurut [1] sistem informasi akuntansi merupakan sistem yang menyediakan informasi akuntansi dan keuangan beserta informasi lainnya yang diperoleh dari proses rutin transaksi akuntansi.Sistem penjualan tunai menurut [2].sistem penjualan tunai merupakan sistem yang dilakukan oleh perusahaan dengan cara mewajibkan pembeli melakukan pembayaran harga terlebih dahulu sebelum barang diserahkan oleh perusahaan kepada pembeliPada praktiknya CV. Sumber abadi sudah menerapkan sistem informasi akuntansi yang menggunakan sistem teknologi dalam menginputan sebuah data perusahaan yang berjalan selama 4 tahun tersebut, lamban laut semakin berkembang baik dari penjualan maupun SDM yang semakin bertambah, dengan itu sistem informasi akuntansi mulai diterapkan untuk mengelola data transaksi yang berkaitan dengan masalah keuangan menjadi informasi keuangan dan komponen-komponen yang saling berhubungan dan bekerja sama mengumpulkan, memproses, menyimpan informasi untuk memberikan gambaran aktivitas didalam perusahaan, Fungsi yang terkait dalam penjualan dan penerimaan kas CV. Sumber Abadi adalah fungsi kas, fungsi gudang, fungsi pengiriman dan fungsi akuntansi. Dokumen yang telah digunakan CV. Sumber Abadi terdiri nota order, nota penjualan, bukti setor bank serta rekapitulasi harga pokok penjualan. Catatan akuntansi yang digunakan antara lain jurnal penjualan, jurnal penerimaan kas, kartu persediaan, kartu gudang. Dengan menggunakan sistem tersebut perusahaan merasa terbantu dan berdapak pada kinerja laporan yang lebih efisien dan efektif baik dari penjualan tunai maupun penerimaan kas.

Metode Penelitian

A. Pendekataan Penelitian

Penelitian ini memakai sebuah pendekatan penelitian berupa metode kualitatif dimana metode ini tidak menggunakan angka-angka serta tidak menggunakan berbagai ukuran karena hanya menjelaskan fenomena dalam bentuk angka-angka. Penelitian kualitatif sebagai metode untuk mengeksplorasi dan memahami makna yang oleh sejumlah individu atau sekelompok orang dianggap berasal dari masalah sosial atau kemanusiaan [3].

B. Lokasi Penelitian

Lokasi penelitian dilakukan di perusahaan jelly CV sumber abadi kecamatan gedangan kabupaten sidoarjo dengan adanya pengelolaan dana penerimaan kas yang didapat dari penjualan tunai, untuk itu peneliti memilih perusahaan CV Sumber Abadi sebagai lokasi penelitian.

C. Jenis dan Sumber Data

Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang bersifat memahami fenomena yang ada dan subyek penelitian yaitu individu yang terlibat secara langsung, maka sumber data pada penelitian ini terbagi menjadi dua, yaitu:

No. Nama Informan Divisi
1. YH Direktur dan Pemilik Perusahaan
2. AR Aktivitas penjualan tunai
3. BL Aktivitas penerimaan kas
Table 1.Data Informan Kunci
  1. Data Primer Menurut [4] data primer adalah sumber data yang langsung memberikan data kepada pengumpul data
  2. Data Sekunder Menurut Sugiyono [4] data sekunder adalah data yang tidak langsung memberikan data kepada peneliti, penelitian harus melalui orang lain atau mencari melalui dokumen

D. Teknik Analisis

Untuk menjawab rumusan masalah diatas digunakan teknik analisis data deskripsi, maka terdapat, maka terdapat tiga analis data yakni :

  1. Mendeskripsikan dan memahami sistem informasi akuntansi penjualan dan penerimaan kas. Pendeskripsian melalui unsure-unsur system, fungsi yang terkait, dokumen-dokumen, catatan-catatan, jaringan prosedur, informasi yang diperlukan oleh manajemen yang diperlukan dalam system informasi akuntansi penjualan tunai dan penerimaan kas di CV. Sumber abadi.
  2. Menganalisis sebagai dasar untuk memperoleh pokok permasalahan dengan menggunakan metode PIECES
  3. Membandingkan hasil temuan lapangan yang ada pada perusahaan sumber abadi sidoarjo dengan kajian teori yang memenuhi komponen-komponen sistem.
  4. Melakukan penilaian pengendalian internal sistem akuntansi penjualan dan penerimaan kas

Hasil dan Pembahasan

1. Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Tunai CV. Sumber Abadi.

Sistem ini menjelaskan semua fungsi, dokumen, serta, prosedur, yang terkait dengan timbul nya transaksi penjualan tunai. Prosedur ini di pergunakan saat pelanggan melakukan order pesanan kepada fungsi admin dan berakhir pelanggan saat melakukan pembayaran kepada fungsi yang sama, sistem ini merupakan salah satu dari fungsi utama dalam kegiatan operasional pada perusahaan dan sistem ini sangat berpengaruh pada kelangsungan perusahaan[5].

a. Fungsi Yang Terkait Dengan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Tunai di CV. Sumber Abadi

Fungsi staff penerimaan

Bertugas untuk melayani pelanggan yang akan melakukan pembayaran baik tunai maupun giro sebelum dicatat pada bagian accouting.

Fungsi karyawan gudang

Bertugas untuk menyiapkan pesanan dari pelanggan serta mencatat jumlah out put / atau barang jadi yang siap untuk dikirim.

Fungsi Akuntansi

Fungsi akuntansi pada CV. Sumber Abadi dilakukan oleh pihak accounting perusahaan. Fungsi ini melakukan pencatatan atas transaksi penjualan secara manual dan otomatis kedalam buku besar dan aplikasi jumbo untuk kemudian membuat laporan penjualan sebelum di laporkan kepada pimpinan / direktur.[6]

b. Dokumen Yang Digunakan Dalam Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Pada CV. Sumber Abadi

Nota Order

Bukti transaksi yang diberikan oleh penjual kepada pembeli atas pembelian barang secara tunai, nota berfungsi sebagai bukti pengeluaran uang oleh pembeli, sedangkan nota bagi penjualan berfungsi sebagai bukti penerimaan uang.

Nota Penjualan

Nota penjualan dipergunakan sebagai dokumen yang menyertai barang yang dikrim oleh penjual kepada pembeli untuk menyatakan keadaan dan jumlah barang dan disertai nomor urut cetak.

c. Laporan Yang Dipergunakan Dalam Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Tunai Dalam Menyajikan Pertanggung Jawabannya Atas Penjualannya Pada CV. Sumber Abadi

Rekap Penjualan

Rekap penjualan ini dibuat oleh bagian aktivitas penjualan pada CV. Sumber Abadi guna sebagai besar bahan pencatatan dan analisa penjualan yang berperan penting dalam pengambilan keputusan dalam bentuk harga, pemasaran dan metode penjualan

Kartu Stock

Kartu stock ini dibuat oleh bagian gudang sebagai infomasi tentang kartu stock ini dibuat oleh bagian gudang yang tentunya ada keterkaitan pada bagian penjualan, sebagai informasi tentang berapa stock persediaan yang tersedia digudang dan aliran barang yang masuk dan keluar gudang. Kartu stock ini juga menyediakan informasi barang apa saja yang bisa dibeli / memenui PO dalam waktu dekat sesuai urutan nota, kartu ini di isi oleh bagian gudang sebelum dan sesudah kegiatan produksi pada CV. Sumber abadi.

d. Catatan Yang Digunakan Pada Perusahaan CV. Sumber Abadi

Catatan yang digunakan pada CV. Sumber Abadi adalah catatan penjualan, catatan ini di buat oleh aktifitas penjualan setiap hari setelah operasi selesai, aktifitas penjualan memasukkan data penjualan satu persatu kedalam aplikasi data base berdasarkan nota order yang diterima ketika saat ada pemesanan.

e. Prosedur Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Dan Persediaan Di CV. Sumber Abadi.

Berdasarkan hasil penelitian, prosedur yang terkait dengan sistem informasi akuntansi penjualan di CV. Sumber Abadi adalah prosedur order penjualan, prosedur pengriman barang, dan prosedur penerimaan kas. Prosedur penjualan yang ada di CV. Sumber Abadi sudah meggunakan tekonologi salah satunya menggunakan sistem jumbo yang layaknya database. Proses penjualan dilakukan mash dengan cara manual dan teknologi mulai dari pemrosesan order hingga proses pencatatan penjualan oleh manager. Sedangkan prosedur yang terkait dengan sistem informasi akuntansi penerimaan kas di CV. Sumber abadi adalah prosedur penjualan dan pembelian persediaan. Prosedur penjualan mengurangi persediaan setiap ada penjualan yang terjadi. Dan prosedur pembelian menambah persediaan saat ada pembeliaan terjadi. Prosedur pembelian persediaan ini dilakukan secara tunai dan dan kredit oleh satu pihak saja, mulai dari pembelian, penerimaan, hingga pembayaran[7].

2. Pengendalian Internal Dalam Sistem Informasi Akuntansi Penjualan tunai dan Penerimaan kas Yang Diterapkan Di CV. Sumber Abadi.

[8] Berdasarkan hasil penelitian yang ditunjukan bahwa pengendalian internal penerapan sistem informasi akuntansi penjualan tunai dan penerimaan kas pada CV. Sumber Abadi sebagian masih ada yang kurang, hal ini dibuktikan dengan beberapa hal sebagai berikut :

a. Unsur Organisasi

Struktur organisasi di CV. Sumber Abadi sebenarnya sudah baik, hanya saja didalam praktik pemisahan tugas masih kurang baik, perusahaan belum memisahkan pada bagian admin aktivtas penerimaan kas dengan frontliner atau penerima order. selain itu bagian accounting terkadang juga membantu untuk pembelian/PO yang dilakukan oleh customer, semua diatur dengan satu orang manajer yang diawasi secara langsung direktur/pimpinan. Dengan pemisahan secara tegas dalam suatu struktur organisasi maka kecurangan dan kesalahpahaman antar pegawai bias dikurangi.

b. Unsur sistem otorisasi perusahaan dalam penyerahan barang

Nota order hanya dibuat dua rangkap untuk pengirim, dan apabila melalui expedisi perusahaan hanya menggunakan surat jalan dan terdapat otorisasi oleh fungsi penerimaan barang dengan cara membubuhkan cap maupun stampel dari expedisi atau stempel dari penerima bahwa barang sudah diserahkan pada faktur penjualan tunai, selain itu nota dan surat jalan memiliki nomor urut, sehingga tidak mudah bagi karyawan untuk melakukan kecurangan.

c. Unsur praktik yang sehat

Kegiatan penjualan tidak sepenuhnya dilakukan oleh karyawan saja, direktur utama juga terkadang mengecek transaksi yang dilakukan oleh karyawan dan mengecek proses penjualan yang terjadi. Selain itu manajer hanya menerima nota order dari bagian admin setiap hari setelah selesai kegiatan operasional perusahaan, sehingga karyawan tidak mudah melakukan kecurangan, selain itu pembelian pembelian hanya dalam kendali manajemen dan direktur sedangkan pengendali persediaan dikelola oleh penanggung jawab

perusahaan dan bagian gudan, kartu stock yang di gunakan untuk mencatat persediaan disimpan oleh penanggung jawab dan divisi gudang dan dilaporkan satu minggu sekali pada pimpinan.

3. Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Tunai Dan Penerimaan Kas Pada CV. Sumber Abadi.

Analisis sistem merupakan sesuatu hal yang perlu dilakukan untuk berkembang nya sistem dan sesuai dengan keadaan pada suatu perusahaan, maka diperlukan analisis sistem yang sudah berjalan pada perusahaan CV. Sumber abadi. Analisis tersebut dilakukan dengan metode analisis PIECES (Performance, information, economy, control, efficiency and service). Menurut [5] metode PIECES adalah metode analisis sebagai dasar untuk memperoleh pokok-pokok permasalahan yang lebih spesifik. Analisis PIECES sangat penting untuk dilakukan sebelum mengembangkan sebuah sistem informasi karena dalam analisis ini biasanya akan ditemukan beberapa masalah utama maupun masalah yang bersifat gejala dari masalah utama. Pada analisis sistem yang di terapkan CV. Sumber Abadi saat ini cukup layak karena pada proses penginputan dari persediaan, penjualan hingg proses kas masuk menggunakan Teknologi yang berupa penggunaan komputer dan juga printer sebagai sarana memudahka kinerja perusahaan sehingga lebih efektif dan efisien, sedangkan aplikasi yang digunakan CV. Sumber Abadi aplikasi jumbo database yang kinerja nyasesuai dengan aspek kelayakan teknik

Kesimpulan

  1. Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Tunai dan Penerimaan Kas terdapat Fungsi-fungsi yang terkait dalam sistem informasi akuntansi penjualan tunai dan penerimaan kas pada CV. Sumber Abadi adalah staff penerimaan kas, fungsi karyawan gunang, fungsi akuntansi. Dokumen yang digunakan dalam sistem informasi akuntansi penjualan pada CV. Sumber Abadi adalah nota order dan nota penjualan. Laporan yang digunakan dalam sistem informasi akuntansi CV. Sumber Abadi adalah rekap penjualan, kartu stock, kartu piutang, bukti setor dan rekap HPP, Catatan yang digunakan dalam sistem informasi akuntansi penjualan tunai dan penerimaan kas di CV. Sumber Abadi adalah catatan penjualan dan catatan buku kas kecil.
  2. Pengendalian internal Sistem Informasi Akuntansi dimulai dari unsur organisasi dan unsur praktik Yang sehat dengan melakukan proses pencatatan pemesanan, kemudian pemrosesan pesanan, pengiriman pesanan, hingga penerimaan pembayaran atas pesanan dan juga pencatatan atas penjualan. Kemudian untuk sistem informasi akuntansi perimaan kas adalah prosedur penjualan yang pencatatan pada nota, pencatatan pada buku kas.

References

  1. Bhakti Pangestu, F. J. (2018.). Analisis Sistem Informasi Penjualan. Jurnal Sistem Informasi STMIK
  2. Pontianak.
  3. Candra Gregorius & Adriana Dadi (TM Books). (2015). sistem informasi konsep dan perapan. yogyakarta.
  4. Sigit Hermawan, a. (2015). Metode Peneltian Bisnis. Malang.
  5. Sugiono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
  6. Alfabeta.
  7. Mulyadi. (2010). Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.
  8. Samurung, M. C. (2015). Analisis Pengendalian Penerimaan dan Pengeluaran Kas . Jurnal Akuntansi Sam Ratulangi Manado.
  9. Wukil, R. (2010). Pedoman Sosialisasi Prosedur Operasi Standart. jakarta: Mitra Wacana Media.
  10. Sugiono, (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif dan R&D.
  11. Bandung: Alfabeta.