Human Resource Management
DOI: 10.21070/ijler.v15i0.780

The Effect of Organizational Justice and Job Involvement on Turnover Intention with Job Satisfaction as an Intervening Variable


Pengaruh Keadilan Organisasi dan Job Involvement terhadap Turnover Intention dengan Job Satisfaction Sebagai Variabel Intervening

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Indonesia
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Indonesia

(*) Corresponding Author

Organizational Justice Job Involvement Turnover Intention Job Satisfaction

Abstract

This study aims to determine the effect of organizational justice and job involvement on turnover intent with job satisfaction as an intervening variable at PT Aggiomultimex International Group Sidoarjo. This research uses quantitative research with hypothesis testing. The sample used in this study were 118 employees at PT Aggiomultimex International Group Sidoarjo. The analytical tool used in this study uses statistical software. This study aims to determine the effect of organizational justice, job involvement version 2.5.0. The main data in this study came from a questionnaire. The results of this study prove that (1) organizational justice has a significant effect on turnover intention (2) job involvement has a significant effect on turnover intention (3) Organizational justice variable has no effect on turnover intention (4) Job involvement variable has a significant effect on turnover intention (5 ) Job satisfaction variable has a significant effect on turnover intention (6) Organizational justice variable has no effect on turnover intention through job satisfaction (7) Job involvement variable has a significant effect on turnover intention through job satisfaction

Pendahuluan

Pada masa era globalisasi seperti sekarang ini, setiap perusahaan dituntut untuk meningkatkan pengelolaan sumber daya manusia yang baik serta berkualitas untuk dapat bersaing dengan industri lainnya. Karena keberhasilan suatu perusahaan untuk mencapai visi dan misinya tergantung pada peran dan kualitas sumber daya manusia yang terlibat di dalam perusahaan tersebut. Maka dari itu, setiap perusahaan tidak akan terlepas dari sumber daya manusia untuk mengelolanya. Sumber daya manusia merupakan aset yang sangat berharga di dalam suatu perusahaan, yang mana sumber daya manusia yang baik serta berkualitas tersebut yang akan diharapkan oleh perusahaan untuk mampu berperan penting dalam hal pencapaian tujuan perusahaan.

Setiap perusahaan akan selalu berupaya dan berorientasi pada tujuan jangka panjang yaitu berkembangnya suatu perusahaan. Oleh sebab itu, dibutuhkan pengembangan sumber daya manusia secara berkelanjutan dan terus menerus agar dapat memperoleh sumber daya manusia yang baik serta berkualitas. Sehingga yang nantinya akan bisa mendapatkan hasil yang optimal sesuai dengan yang diharapkan oleh perusahaan. Dengan sumber daya manusia yang baik serta berkualitas tentu akan mempermudah perusahaan untuk dapat bersaing serta menemukan strategi-strategi untuk mempercepat pencapaian dari tujuan suatu perusahaan.

Setiap individu yang bekerja di suatu perusahaan harus memiliki kepuasan dalam bekerja, karena jika individu tersebut di perusahaan tidak memiliki suatu kepuasan dalam bekerja maka tujuan dari suatu perusahaan tidak akan tercapai. Seorang individu akan merasa puas dalam bekerja apabila aspek-aspek dari segi pekerjaan dan dirinya mendukung. Tetapi sebaliknya, jika aspek-aspek dari segi pekerjaan maupun dari dirinya tidak mendukung maka individu tersebut akan merasa tidak puas. [1].

sering timbulnya keinginan berpindah karyawan ataupun keinginan keluarnya karywan dari perusahaan. Masalah ini disebabkan oleh berbagai faktor antara lain adalah faktor keadilan organisasi dan job involvement yang kurang efektif[2]. faktor yang menyebabkan terjadinya turnover intention diantaranya faktor Keadilan Organisasi, Job Involvement, dan job satisfaction sebagai variabel yang mempengaruhi tingkat turnover intention pada karyawan. [3]. tingginya tingkat turnover intention telah menjadi masalah serius bagi banyak perusahaan, bahkan kinerja di beberapa perusahaan mengalami penurunan kualitas yang cukup signifikan ketika mengetahui proses rekrutmen yang mereka kira telah berasil menjaring karyawan berkualitas, ternyata pada akhirnya menjadi sia-sia karena karyawan tersebut memutuskan untuk keluar dan lebih memilih untuk bekerja di perusahaan lain[4].

karyawan yang memiliki tingkat job involvement atau keterlibatan kerja yang rendah merupakan karyawan yang kurang memihak pada perusahaan, karyawan cenderung hanya bekerja pada rutinitas, dalam hal ini dapat dikatakan bahwa karyawan ini memiliki tingkat keterlibatan kerja terhadap organisasi juga sangat rendah [5].

Metode Penelitian

A. Lokasi Penelitian

Lokasi penelitian ini dilalukan pada PT Aggiomultimex International Group Sidoarjo yang berlokasi di Jl. Raya Lebo No.3, RT 15/RW 04, Lebo Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo,Jawa Timur 61251.

Definisi Operasional dan Identifikasi Variabel

1. Definisi Operasional

a. Keadilan Organisasi

keadilan organisasi adalah persepsi yang dimiliki karyawan terhadap perusahaan tentang sejauh mana karyawan yang di perlakukan secara adil, setara, sesuai standar moral serta dihargai di dalam perusahaan tersebut.

b. Job Involvement

job involvement adalah tingkatan bagi setiap karyawan untuk ikut serta berperan aktif dan berpartisipasi dalam mengerahkan kemampuanya dalam mengemban pekerjaanya serta menyumbangkan ide dan mematuhi peraturan yang ditetapkan perusahaan.

c. Turnover Intention

Turnover Intention adalah niat atau keinginan karyawan untuk meninggalkan perusahaan secara sukarela dan mencoba untuk mencari pekerjaan yang lebih baik dari sebelumnya.

d. Job Satisacftion

Job Satisfaction merupakan sebuah perasaan seseorang yang menyenangkan terhadap pekerjaannya yang dihasilkan atas jerih payahnya sendiri melalui evaluasi atas karakteristiknya.

2. Identifikasi dan Indikator Variabel

Variabel bebas pada penelitian ini merupakan komunikasi organisasi, lingkungan kerja internal dan kompensasi. Sedangkan variabel terikat pada penelitian ini yakni kepuasan kerja karyawan.

B. Populasi dan Sampel

  1. Populasi: Populasi pada penelitian ini yakni karyawan dari PT Aggiomultimex International Group Sidoarjo yang berjumlah 118 orang.
  2. Sampel: Teknik dalam pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik nonprobability sampling yaitu sampling jenuh. Sampel jenuh adalah suatu teknik dalam penentuan sampel jika seluruh populasi dijadikan sebagai sampel. Sampel pada penelitian ini yakni seluruh karyawan PT Aggiomultimex International Group Sidoarjo yang berjumlah 118 orang

C. Jenis dan Sumber Data

1. Jenis Data

Jenis data yang digunakan dalam penelitian adalah data kuantitatif. Data kuantitatif merupakan data yang diukur dengan menggunakan skala numeric atau angka untuk meneliti populasi dan sampel

2. Sumber Data

a. Data Primer

Data primer pada penelitian digunakan atau didapatkan melalui kuesioner berkaitan dengan Keadilan organisasi dan job involvement terhadap turnover intention dengan job satisfaction sebagai variable intervening pada PT Aggiomultimex International Group Sidoarjo.

b. Data Sekunder

Data sekunder adalah data yang didapatkan dengan cara tidak langsung yakni berupa dokumen perusahaan serta buku literartur dari tempat penelitian

D. Teknik Pengumpulan Data

Dalam penelitian ini data yang diperoleh melalui kuesioner dilakukan secara online dengan menggunakan google form dan diukur dengan menggunakan skala likert. Penggunaan skala likert yakni untuk mengukur pendapat, presepsi, serta sikap dari seseorang mengenai gejala sosial ataupun kondisi yang terjadi, dengan skala likert instrumen dari variabel yang diukur dapat menggunakan indikator sebagai tolak ukur [6]. Kuesioner dengan skala likert menggunakan skala 1 sampai 5 dalam menjawab pertanyaan yang diberikan.

E. Teknik Analisis Data

Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menguji hipotesis yang telah di rumuskan dalam proposal. Dengan data kuantitatif, maka teknik analisis data menggunakan metode statistik atau angka yang sudah tersedia [6]. Pada penelitian ini dalam menganalisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan program aplikasi computer yaitu PASW (Predictive Analytics Sotware). Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda, hal ini menunjukkan hubungan (korelasi) antara kejadian yang satu dengan kejadian lainnya. Regresi berganda dilakukan untuk mengetahui besarnya tingkat pengaruh perubahan dari suatu variabel independen terhadap variabel dependen [7].

F. Kerangka Konseptual

Supplementary Files

Gambar 1. Kerangka Konseptual

G. Hipotesis

Berdasarkan kerangka berfikir dan deskripsi teoritis yang sudah dijelaskan diatas, maka hipotesis penelitian dapat ditarik sebagai berikut :

H1: keadilan organisasi berpengaruh signifikan terhadap Turnover intention .

H2: job involvement berpengaruh signifikan terhadap job satisfaction.

H3: keadilan organisasi berpengaruh signifikan terhadap turnover intention.

H4 : Job Involvement berpengaruh signifikan terhadap turnover intention .

H5 : Job satisfaction berpengaruh signifikan terhadap turnover intention .

H6 : Keadilan organisasi berpengaruh signifikan terhadap turnover intention melalui job satisfaction .

H7 : Job Involvement berpengaruh signifikan terhadap turnover intention melalui job satisfaction .

Hasil dan Pembahasan

A. Uji Validitas

Supplementary Files

Gambar 2. Uji validitas

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada 118 responden dengan tingkat signifikan 5%, hasil pengujian validitas indikator dari semua variabel bebas maupun variable terikat menunjukkan valid, karena nilai nilai sig. lebih kecil dari 0.05 sehingga dinyatakan bahwa semua variabel penelitian telah valid

Supplementary Files

Gambar 3. Uji Normalitas

Dari hasil uji normalitas model 1 berdasarkan tabel diatas, didapati nilai Signifikasi adalah 0,013 yang dimana lebih besar dari 0.05. Maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal.

Supplementary Files

Gambar 4. Uji multikolinieritas

Supplementary Files

Gambar 5. Uji Heteroskedastisitas

Hasil analisis pada Gambar diatas menunjukkan bahwa titik-titik menyebar secara acak dan tidak membentuk pola tertentu.Artinya bahwa tidak terjadi gejala heteroskedastisitas pada model ini.

D. Uji Koefisien Determinasi

Model R R Square Adjusted R Square Std. Error of the Estimate Durbin-Watson
1 .952a .906 .904 .549 .502
a. Predictors: (Constant), Job_Satisfaction, Job_Involvement, Keadilan_organisasi
b. Dependent Variable: Turnover_intention
Table 1.Uji Koefisien Determinasidata yang diolah oleh peneliti

Dari tabel diatas dapat diketahui nilai R Square adalah 0,906. Hasil ini berarti variabel dependen Turnover Intention dapat dijelaskan oleh Keadilan Organisasi dan Job Involvement melalui Job Satisfaction sebesar 90.6%, sedangkan sisanya 9,4% dipengaruhi oleh variabel lain.

E. Penguji Hipotesis

Supplementary Files

Gambar 6. Penguji Hipotesis

  1. Analisis pengaruh X1 terhadap Z: dari analisis di atas diperoleh besaran t hitung 10.439 lebih besar dari t tabel 1.98081dan nilai sig sebesar 0.000 lebih kecil dari 0.05.Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara langsung terdapat pengaruh positif signifikan X1 terhadap Z.
  2. Analisis Pengaruh X1 terhadap Y: dari analisa diperoleh nilai besaran t hitung -2.023 lebih besar dari t tabel 1.98081dan nilai sig sebesar 0.000 lebih kecil dari 0.045.Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara langsung terdapat pengaruh negatif X1 terhadap Y.
  3. Analisis pengaruh X2 terhadap Y:dari analisa diperoleh nilai besaran t hitung 26.050 lebih besar dari nilai t tabel 1.98081dan nilai sig sebesar 0.000 lebih kecil dari 0.05.Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara langsung terdapat pengaruh positif signifikan X2 terhadap Y.
  4. Analisis Pengaruh X2 melalui Z terhadap Y:diketahui pengaruh langsung yang diberikan X2 terhadap Z sebesar 0,01. Sedangkan pengaruh tidak langsung X2 melalui Z terhadap Y sebesar 0,000.Maka pengaruh total yang diberikan X2 terhadap Y adalah pengaruh langsung ditambah dengan pengaruh tidak langsung yaitu:0,000+0,01=0,01. Berdasarkan hasil perhitungan diatas diketahui bahwa nilai pengaruh langsung sebesar 0,01 dan pengaruh tidak langsung sebesar 0,000 yang berarti bahwa nilai pengaruh langsung memiliki nilai yang lebih besar dibandingkan dengan nilai pengaruh tidak langsung, hasilini menunjukkan bahwa secara tidak langsung X1 melalui Y mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap Z.

Pembahasan

Berdasarkan hasil yang telah dilakukan oleh peneliti maka hasil yang diperoleh melalui program aplikasi SPSS statistic versi 25. Bahwa variabel keadilan organisasi dan job involvement terhadap turnover intention dengan job satisfaction sebagai variable intervening pada Pt aggiomultimex international grub sebagai berikut :

A. Pengaruh Keadilan Organisasi terhadap Job Satisfaction pada Karyawan PT Aggiomultimex International Group Sidoarjo

Dari analisis data yang telah dilakukan oleh peneliti dengan bantuan software SPSS 25 dengan uji parsial/uji –t didapatkan nilai beta dari keadilan organisasi terhadap job satisfaction adalah 0,443dan nilai t-hitung sebesar 10.439 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan tingkat signifikansi kurang dari 0,05 maka disimpulkan bahwa variabel keadilan organisasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap job satisfaction

Hasil ini sesuai dengan hipotesis yang ditetapkan oleh peneliti, sehingga hipotesis diterima.dan di dukung dengan hasil penelitian yang membuktikan bahwa keadilan organisasi berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja. Dengan hasil koefisien yang positif bararti apabila keadilan organisasi meningkat maka job satisfaction juga akan meningkat, sebaliknya jika keadilan organisasi menurun maka job satisfaction juga akan ikut turun.

H 1 : Keadilan organisasi berpengaruh signifikan terhadap Job satisfaction

B. Pengaruh Job Involvement terhadap Job Satisfaction pada Karyawan PT Aggiomultimex International Group Sidoarjo

Dari analisis data yang telah dilakukan oleh peneliti dengan bantuan software SPSS 25 dengan uji parsial/uji –t didapatkan nilai beta dari job involvement terhadap job satisfaction adalah 0,228 dan nilai t-hitung sebesar 2.471 dengan nilai signifikansi sebesar 0,01< 0,05. Dengan tingkat signifikansi kurang dari 0,05 maka disimpulkan bahwa variabel job involvement memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap job satisfaction

Hasil ini sesuai dengan hipotesis yang ditetapkan oleh peneliti, sehingga hipotesis diterima. Dan didukung oleh hasil penelitian yang membuktikan bahwa Job Involvement secara signifikan mempengaruhi Job Satisfaction. Koefisien dari data tersebut bertanda positif, yang artinya apabila job involvement baik maka job satisfaction akan meningkat, namun jika job involvement buruk maka job satisfaction pun akan menurun

H 2 : Job Involvement berpengaruh signifikan terhadap job satisfaction

C. Pengaruh Keadilan Organisasi terhadap Turnover Intention pada PT Aggiomultimex International Group Sidoarjo

Dari analisis data yang telah dilakukan oleh peneliti dengan bantuan software SPSS 25 dengan uji parsial/uji –t didapatkan nilai beta dari kompetensi terhadap kinerja karyawan adalah -0,043 dan nilai t-hitung sebesar -2.023 dengan nilai signifikansi sebesar 0,045< 0,05. Dengan tingkat signifikansi kurang dari 0,05 maka disimpulkan bahwa variabel keadilan organisasi tidak memiliki pengaruh dan tidak signifikan terhadap kinerja Turnover intention.

Dengan hasil koefisien yang negatif bararti apabila keadilan organisasi meningkat ataupun menurun tidak akan mempengaruhi turnover intention karyawan PT Aggiomultimex.

H3 : Keadilan Organisasi Tidak Berpengaruh signifikan Terhadap Turnover Intention

D. Pengaruh Job Involvement terhadap Turnover Intention pada PT Aggiomultimex International Group Sidoarjo

Dari analisis data yang telah dilakukan oleh peneliti dengan bantuan software SPSS 25 dengan uji parsial/uji –t didapatkan nilai beta Job Involvement terhadap Turnover Intention adalah 0,895 dan nilai t-hitung sebesar 26.050 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan tingkat signifikansi kurang dari 0,05 maka disimpulkan bahwa variabel Job Involvement memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Turnover intention.

Hasil ini sesuai dengan hipotesis yang ditetapkan oleh peneliti, sehingga hipotesis diterima. Dan di dukung oleh hasil penelitian yang membuktikan bahwa Job Involvement berpengaruh secara signifikan terhadap turnover intention. Koefisien dari data tersebut bertanda positif, yang artinya apabila job involvement meningkat maka turnover intention akan meningkat, namun jika job involvement menurun maka turnover intention pun akan menurun.

H4 : Job Involvement berpengaruh signifikan terhadap Turnover intention

E. Pengaruh Job Satisfaction terhadap Turnover Intention PT Aggiomultimex International Group Sidoarjo

Dari analisis data yang telah dilakukan oleh peneliti dengan bantuan software SPSS 25 dengan uji parsial/uji –t didapatkan nilai beta dari job satisfaction terhadap turnover intention adalah 0,080 dan nilai t-hitung sebesar 2.371 dengan nilai signifikansi sebesar 0,01< 0,05. Dengan tingkat signifikansi kurang dari 0,05 maka disimpulkan bahwa variabel job satisfaction memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap turnover intention.

Hasil ini sesuai dengan hipotesis yang ditetapkan oleh peneliti, sehingga hipotesis diterima.dan didukung oleh hasil penelitian yang membuktikan bahwa kepuasan kerja berpengaruh negatif terhadap turnover intention. Dan hubungan yang negatif signifikan antara kepuasan kerja dengan turnover intention. Koefisien dari data tersebut bertanda positif, yang artinya apabila job satisfaction naik maka turnover intention akan meningkat, namun jika job satisfaction turun maka turnover intention pun akan menurun.

H5 : Job Satisfaction berpengaruh signifikan terhadap Turnover intention

F. Pengaruh Keadilan Organisasi terhadap Turnover Intention melalui Job Satisfaction pada Karyawan PT Aggiomultimex International Group Sidoarjo

Berdasarkan hasil uji SPSS yang telah dilakukan oleh peneliti.Variabel keadilan organisasi berpengaruh signifikan terhadap job satisfaction, variabel keadilan organisasi tidak berpengaruh secara langsung terhadap Turnover intention dan variabel job satisfaction berpengaruh siginfikan terhadap turnover intention. Setelah dihitung dan diolah pada uji hipotesis, dapat diambil kesimpulan bahwa pengaruh keadilan organisasi terhadap turover intention baik secara langsung maupun tidak langsung sama-sama memiliki hasil yang negatif dengan nilai yang sama. Jadi, dapat disimpulkan bahwa keadilan organisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap turnover intention.

H6 : Keadilan organisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap Turnover intention

G. Pengaruh Job Involvement terhadap Turnover Intention melalui Job Satisfaction pada Karyawan PT Aggiomultimex International Group Sidoarjo

Berdasarkan hasil uji SPSS yang telah dilakukan oleh peneliti: Variabel job involvement berpengaruh signifikan terhadap turnover intention, variabel job involvement berpengaruh signifikan terhadap turnover intention dan variabel job satisfaction juga berpengaruh siginfikan terhadap turnover intention. Setelah dihitung dan diolah pada uji hipotesis, dapat diambil kesimpulan bahwa pengaruh job involvement terhadap turnover intention secara langsung memiliki nilai yang sama dengan pengaruh tidak langsung. Jadi, dapat disimpulkan bahwa job invovement berpengaruh signifikan terhadap turnover intention melalui job satisfaction PT Aggiomultimex International Group Sidoarjo

H7 : Job Involvement Berpengaruh Signifikan terhadap Turnover Intention

Kesimpulan

Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan mengenai “Pengaruh keadilan organisasi dan job involvement terhadap turnover intention dengan job satisfaction sebagai variabel intervening pada karyawan PT Aggiomultimex Internation Group"dapat disimpulkan bahwa:

  1. Variabel keadilan organisasi berpengaruh signifikan terhadap job satisfaction pada Perusahaan PT Aggiomultimex Internation Group
  2. Variabel job involvement berpengaruh signifikan terhadap job satisfactionpada Perusahaan PT Aggiomultimex Internation Group.
  3. Variabel keadilan organisasi tidak berpengaruh terhadap turnover intention pada Perusahaan PT Aggiomultimex Internation Group
  4. Variabel job involvement berpengaruh signifikan terhadap turnover intention pada Perusahaan PT Aggiomultimex Internation Group
  5. Variabel job satisfaction berpengaruh signifikan terhadap turnover intention pada Perusahaan PT Aggiomultimex Internation Group.
  6. Variabel keadilan organisasi tidak berpengaruh terhadapturnover intention melalui job satisfaction pada PT Aggiomultimex Internation Group.
  7. Variabel job involvement berpengaruh sigifikan terhadap turnover intention melalui job satisfaction pada Perusahaan PT Aggiomultimex Internation Group.

References

  1. Arifin, Noor, Analisis kualitas kehidupan kerja, kinerja, dan kepuasan kerja pada cv duta Senenan jpara, jurnal Economia, 2012, 8.1: 11-21
  2. Engko, Cecilia. "Pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja individual dengan self esteem dan self efficacy sebagai variabel intervening." Jurnal bisnis dan akuntansi 10.1 (2008): 1-12.
  3. Faslah, Roni. "Hubungan antara keterlibatan kerja dengan turnover intention pada karyawan PT. Garda Trimitra Utama, Jakarta." Econosains Jurnal Online Ekonomi dan Pendidikan 8.2 (2010): 146-151.
  4. Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS-23 (Edisi ke-8). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  5. Handoko, T. H. (2014). Manajemen Personalia & Sumberdaya Manusia (Edisi Ke-2). BPFE-Yogyakarta.
  6. Hasibuan, M. (2016). Manajemen Sumber daya Manusia (Edisi Revi). PT Bumi Aksara.
  7. Indriyani, R., & Dewi, M. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Melalui Kompetensi Sdm Sebagai Variabel Intervening Pada Ukm Keripik Tempe Malang. Jurnal Manajemen Perhotelan, 6(2), 53–61. https://doi.org/10.9744/jmp.6.2.53-61
  8. Khaidir, Muhammad, and Tinik Sugiati. 2016. “Pengaruh Stres Kerja, Kompensasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Turnover Intention Studi Pada Karyawan Kontrak PT Gagah Satria Manunggal Banjarmasin.” Jurnal Wawasan Manajemen 4 (3): 175–85.
  9. Melky, Yosua. "Hubungan Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Intensi Pindah Kerja (Turnover Intention) Karyawan PT Rejeki Abadi Sakti Samarinda." Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi 3.1 (2015).
  10. Nurcahyani, Ni Made, and IGA Dewi Adnyani. "Pengaruh kompensasi dan motivasi terhadap kinerja karyawan dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening." E-Jurnal Manajemen 5.1 (2016).
  11. Patrick, Alfonsus. "Pengaruh Job Involvement dan Job Characteristic terhadap Turnover Intention pada PT Mustika Lestari Indonesia." Agora 6.2 (2018).